Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Nasi Kapau dan 5 Ciri Khas Lauk Pauknya yang Lezat

   
Ketika berkunjung ke Sumatera Barat tidak hanya suguhan keindahan alam dan seni budaya  yang mempesona. Tetapi juga sajian kuliner khas yang enak dan lezat salah satunya  nasi Kapau

Apa Itu Nasi Kapau

Nasi Kapau, adalah makanan khas Sumatera Barat terutama Tilatang Kamang, daerah Agam
Sebelum mengetahui ciri khas lauk Pauk  Nasi Kapau. Ada baiknya mengetahui terlebih dahulu apa itu nasi Kapau.

 Nasi Kapau adalah nasi rames yang terdiri dari nasi, gulai sayur nangka, gulai tunjang yang menjadi ciri khas. Kemudian ada kacang panjang, jengkol, rebung serta pakis.

Perbedaan Nasi Kapau dengan Nasi Padang

 Ciri khas dari nasi Kapau terletak pada gulai tambusu. Cara penyajiannya yang menarik dengan mencampurkan telur ayam. tahu tidak ketinggalan usus 
sapi tentu rasanya yang nikmat.

Hal menarik dari nasi Kapau adalah cara penyajiannya kalau lauk pauk di warung  nasi Padang potongan kecil-kecil, sedang potongan lauk pauknya di warung nasi Kapau disajikan secara utuh.

Ciri khas yang membedakan dengan warung nasi Padang terletak pada penyajiannya lauk  gulai usus sapi. Berisi  campuran tahu dan telur dengan bumbu yang dihaluskan. 

Bumbu yang ada pada sayuran gulai usus sapi di warung nasi Padang ditumis terlebih dahulu,  sedangkan di warung Kapau bumbunya tidak ada yang  ditumis.

5 Lauk Khas Nasi Kapau  yang Lezat   
Sebagian orang beranggapan nasi Kapau dan nasi Padang memiliki persamaan. Namun sebenarnya terdapat perbedaan yang khas yaitu pilihan lauk. 

Nasi Kapau mempunyai 5 lauk khas mulai dari gulai Kapau, dendeng, balado hingga gulai tambusu. Berikut ini 5 lauk khas nasi Kapau yang lezat yaitu

Gulai Kapau

Gulai Kapau atau gulai nangka yang terbuat dari potongan nangka dan sayuran lainnya seperti lobak, kacang panjang dan rebung. Selanjutnya dimasak aneka bumbu rempah kemudian dengan kuah santan.

Gulai Tambusu

Lauk khas nasi Kapau  yang terbuat  dari potongan usus sapi atau kerbau dengan isian adonan telur dan tahu. Cara memasaknya pun dengan bumbu khas Minang berkuah santan.

Rendang Daka-daka 

Rendang khas nasi Kapau tidak hanya berisi potongan daging sapi, tetapi juga daging ayam, telur hingga ubi bisa dijadikan sebagai rendang. Potongan ubi jalar yang telah digoreng sampai kering kemudian dimasak menjadi sayuran rendang nan lezat. 

Perpaduan khas ubi dengan bumbu rendang membuat rasanya khas menggoda selera. Masakan rendang Daka-daka cocok dimakan dengan nasi putih atau gulai Kapau.

Gulai Ikan Mas Bertelur

Lauk khas nasi Kapau adalah Gulai Ikan Mas Bertelur. Hal menarik dari penyajian ikan mas telur disajikan dalam kondisi utuh yang memiliki telur

 Ikan mas telur menjadi syarat penting nasi Kapau. Jika kemudian ikan mas tidak mempunyai telur, maka para penjual nasi Kapau mengganti telur jenis ikan lainnya yang dimasukkan dalam tubuh ikan.
Cara memasak gulai ikan mas dengan menggunakan bumbu gulai dicampur santan kental menghasilkan perpaduan ikan mas lembut dan rasa gurih kuah gulai yang lezat dan sedap.

Dendeng Kering Balado

Lauk khas nasi Kapau yang satu ini juga bisa dicoba yaitu dendeng kering balado. Cara memasaknya dengan digoreng sampai kering kemudian dicampur sambal balado.
Ciri khas lain dari dendeng ini terletak pada irisan daging sapi yang diiris tipis-tipis. 
Lalu, dibumbui baru kemudian dikeringkan  dan dijemur yang biasanya dilakukan dengan menguapkannya di seutas tali 
membentang d di dapur hingga menjadi kering.

 Nasi Kapau dengan beragam lauk pauknya yang lezat salah satu ciri khas masakan Padang wajib dicoba ketika mengunjungi kota Padang, Sumatera Barat.

Posting Komentar untuk "Mengenal Nasi Kapau dan 5 Ciri Khas Lauk Pauknya yang Lezat"